id
id

“Kemilau Warna Negeri Matahari Terbenam” Festival Timur Tengah 2014 FIB UI

Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) selaku Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menyelenggarakan Festival Timur Tengah 2014, yang berlangsung Senin-Rabu, 14-17 April 2014, bertempat di Kampus FIB UI Depok. Festival ini dibuka secara resmi oleh Dekan FIB UI Dr. Adrianus L.G. Waworuntu, M.A, yang dihadiri pula oleh Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, H.E. Mustafa bin Ibrahim Al-Mubarak, Duta Besar Republik Turki, H.E. Zekeriya Akcam, beberapa Duta Besar dan perwakilan negara-negara kawasan Timur Tengah, serta segenap sivitas akademika FIB UI.

Festival Timur Tengah (FTT) merupakan festival kebudayaan tahunan tingkat nasional yang diadakan oleh IKABA sejak tahun 2009. FTT selalu menjadikan Timur Tengah sebagai ikonnya dalam menampilkan gambaran singkat mengenai seni, budaya, dan sosiokultural masyarakat Timur Tengah yang beragam dan menarik.
Mengusung tema “Kemilau Warna Negeri Matahari Terbenam”, acara FTT VI tahun 2014 ini membawa kontributor, partisipan, dan masyarakat menjadi lebih dekat dengan peradaban Timur Tengah dimulai dari bahasa, gaya hidup, kesenian, hingga arsitekturnya. FTT menampilkan bedah film bertema Timur Tengah, bedah buku “Betapa Malang Nasibku” karya Males Sutiasumarga, pameran fotografi, peragaan busana khas Timur Tengah, pertunjukan memasak masakan khas Timur Tengah, workshop Henna Daily and Party, dan donor darah. Semua konten acara kental dengan nuansa khas Timur Tengah dengan desain artistik yang menarik.

Selain Festival, acara ini juga menggelar berbagai lomba, diantaranya lomba pidato, puisi, dan membaca cerita untuk kategori Siswa SMU; lomba esai, puisis, debat, dan menyanyi lagu berbahasa Arab untuk kategori mahasiswa; dan untuk kategori umum, panitia menggelar lomba Stand up comedy, makan kebab, dan kaligrafi.

Related Posts